Erin Wissink Personal Blog

Alasan Kenapa Orangutan Harus Diselamatkan

Alasan Kenapa Orangutan Harus Diselamatkan - Di bulan oktober 2014 ini, setidaknya ada enam individu orangutan yang diselamatkan di tangan masyarakat. Adapun beberapa alasannya kenapa dan apa penyebab orangutan diselamatkan, diantaranya habitat hidup orangutan berupa hutan semakin berkurang jumlahnya dan beberapa alasan lainnya.

Penyelamatan yang dilakukan oleh tim gabungan seperti BKSDA, YIARI, dan pihak Kapolres Ketapang, terlebih para pihak kapolsek dan anggotanya yang ada di beberapa Kecamatan di Kabupaten Ketapang, kemarin (28/10), untuk peduli menjadi sebuah harapan baru dalam penyelamatan nasib hidup orangutan. Tentu saja, kepedulian terhadap orangutan ini menjadi sebuah harapan dan gambaran baru tentang perlunya semua pihak untuk bersama peduli terhadap satwa langka (endemik) ini.

Tidak bermaksud berceramah, tetapi hanya sekedar bercerita ini adanya. Kembali pada apa saja penyebab kenapa orangutan diselamatkan?.

Semakin berkurangnya jumlah hutan/ kawasan hutan setidaknya menjadi unsur utama kenapa orangutan terus menerus diselamatkan. Kawasan hutan dan hutan seperti diketahui sebagai nafas hidup (habitat)/tempat tumbuh dan berkembangnya orangutan. Tidak hanya orangutan, tetapi sepertinya juga berimbas kepada makhluk hidup lainnya (satwa dan tumbuh-tumbuhan). Tak bisa disangkal sejak tahun 1980-an sampai saat ini ancaman terhadap hutan dan orangutan yang hingga kini terus berlangsung entah kapan berakhir. Adalah perluasan lahan melaui pertambangan, perkebunan, pertanian dan pembangunan bersekala besar menjadi dasar semua ini. Semakin berkurangnya hutan, orangutan dan satwa lainnya turut menjadi imbas semakin sulitnya mereka hidup. Tidak hanya satwa dan lingkungan yang rusak, manusia (masyarakat) yang tinggal di sekitar hutan juga ikut terdesak dan sudah semakin sulit. Bahkan bukan tidak mungkin, suatu kekhawatiran hutan Borneo sebagai wilayah-wilayah yang strategis untuk digarap menjadi industri strategis pertambangan dan perkebunan. Terhitung ±4,3 juta ha hutan Kalbar yang digarap untuk perkebunan. Di Ketapang 1,3 juta ha untuk pembukaan lahan sawit, tambang berkisar 1 juta ha lebih. Secara keseluruhan, wilayah Kalbar telah dikepung oleh semua ijin yang siap membumi hanguskan kawasan hutan.

Kebun ancaman terbesar hilangnya habitat OU, Batu Daya, Kec. Simpang Dua, Ketapang Kalbar_ dok pribadi

Tambang ancaman terbesar hilangnya habitat OU di Ketapang, Kalbar. dok. pribadi

Ijin pembukaan lahan yang sejak dulu sampai saat ini dikeluarkan secara terus menerus menjadi tantangan lain terhadap nasib orangutan, hutan dan manusia.

Kebakaran hutan dan kabut asap yang selalu berulang, ini penyebab berikutnya sebagai tanda penambah daftar habitat orangutan semakin berkurang bahkan kritis. Bahkan tidak jarang, orangutan lari dari habitat mereka.

Perburuan liar dan minimnya pengetahuan para pemburu terhadap satwa dilindung dan undang-undang menjadi salah satu sebab. Undang-undang yang disosialisasikan berhadapan dengan sulitnya pemahaman dan penerapan hukuman dalam penerapan.

Salh satu ancaman nasib OU dan satwa lainnya. dok. pribadi

Salah seorg pemburu saat mendapatkan benturong_ foto dok. pribadi

Ada banyak pernyataan, kenapa orangutan harus diselamatkan, salah satunya adalah penyeimbang ekosistem hidup (hutan dan segala isinya) termasuk manusia.

OU berusia 3,5 tahun umurnya_saat sebelum rescue yg dipelihara warga di Kecamatan Air Upas, Ketapang, Kalbar. Foto dok. Yayasan Palung

Sebuah pertanyaan adalah Rencana aksi orangutan nasional, tahun 2007 mengharuskan orangutan harus semua bebas ke alamnya pada tahun 2015 mendatang. Pertanyaan berikutnya bagaimana nasib orangutan yang berada di tempat rehabilitasi?. Selanjutnya juga pertanyaan; bagaimana kesiapan untuk tempat pelepasliaran (realise) terhadap orangutan yang ada di beberapa tempat. Masih adakah hutan yang tersisa untuk orangutan, satwa-satwa lainnya dan kehidupan manusia?.

Akankah hutan bisa bertahan dan tersisa di Tanah Borneo dan beberapa tempat lainnya seperti di Sumatera sebagai nafas hidup orangutan selanjutnya. Tinggal menunggu waktu untuk menjawab semua ini?. Semoga saja ada perhatian dari semua pihak melihat situasi ini. Semoga saja….

Alasan Kenapa Orangutan Harus Diselamatkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment