Erin Wissink Personal Blog

Manfaat Daun Sirsak Untuk Pengobatan

Manfaat Daun Sirsak Untuk Pengobatan - Belakangan ini daun sirsak dan kulit manggis menjadi sangat populer dalam dunia kesehatan. Hal ini tidak lepas dari peran keduanya dalam dunia pengobatan. Artikel mengenai manfaat kulit manggis sudah saya bagikan kemarin. Sekarang kita fokus membahas tentang manfaat daun sirsak sebagai obat tradisional.

Daun sirsak saat ini dikenal sebagai antikanker alami. Ini dikarenakan beberapa senyawa yang terkandung di dalamnya. Dalam buah sirsak mengandung senyawa acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan tersebut diatas, akhirnya diketahui berbagai macam khasiat daun sirsak. Ingin tahu apa saja? silahkan simak berbagai macam manfaat daun sirsak bagi kesehatan berikut ini :

Beberapa Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan :

Mencegah dan Menyembuhkan Kanker

Mencegah dan menyembuhkan kanker payudara, prostat, paru-paru, pankreas

Mampu menghambat pertumbuhan bakteri jahat

Membantu menghambat mutasi gen

Membantu menghambat perkembangan virus

Membantu menghambat perkembangan parasit

Membantu menghambat pertumbuhan tumor

Membantu merileksasi otot

Sebagai obat anti kejang

Membantu meredakan nyeri

Mampu menekan peradangan

Menurunkan kadar gula darah

Menurunkan demam

Menurunkan tekanan darah tinggi

Menguatkan saraf

Membantu menyehatkan jantung

Membantu meningkatkan produksi asi pada itu hamil

Membantu melebarkan pembuluh darah

Membunuh cacing parasait

Mengurangi stres

Menguatkan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan

Menghambat pengkriputan kulit

Mengobati Bisulan

Sirsak atau nangka Belanda yang sudah dikenal sejak jaman Pemerintahan Kolonial Hindia-Belanda pada abad ke-19 yang kali pertama dibawa oleh orang Belanda dan Amerika ke tanah nusantara ini semakin banyak dikenal hingga saat ini. Sirsak yang dalam bahasa Belanda disebut sebagai Zuurzak atau yang berarti kantung yang asam, sirsak yang juga memiliki nama latin Graviola atau nama ilmiah lainnya yakni Annona muricata dan banyak sebutan lainnya di berbagai daerah di Indonesia.

Sirsak, buah yang pada umumnya hanya dikonsumsi sebagai buah biasa yang dijadikan sekedar jus yang menyegarkan dan buah pencuci mulut saja yang diperkaya dengan kandungan karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya seperti vitamin C dan vitamiin B2 serta vitamin lainnya. Biji nya mengandung racun, oleh karenanya biji sirsak ini hanya dimanfaatkan sebagai obat insektisida alami atau pestisida nabati untuk mengusir hama tanaman. Namun banyak manfaat lainnya yang didapat dari sirsak yang hampir semua bagian tanaman sirsak dapat digunakan dan dimanfaatkan sedemikian rupa untuk pengobatan.

Cara menyajikannya yaitu dengan:

1. Siapkan 10 lembar daun sirsak yang telah tua (berwarna hijau tua/hijau pekat), dicuci terlebih dahulu

2. Siapkan 3 gelas air (600 cc)

Rebuslah daun sirsak itu terus hingga menguap dan airnya kurang lebih 1-1,5 gelas saja. Kemudian air ini saringlah,untuk mendapatkan sari airnya lebih bersih (bila perlu). Minumlah ke penderita atau bagi Anda yang ingin mendapatkan khasiatnya dengan rutin setiap hari 2 kali, pagi dan sore. Untuk mengetahui perkembangannya, Anda lebih baik memeriksakan atau berkonsultasi dengan dokter.

Hasil dari khasiat/manfaat air rebusan daun sirsak ini tidak dapat langsung seketika menunjukkan hasilnya, karena ini obat herbal jadi butuh waktu. Lakukanlah dengan rutin 3-4 minggu dan lihat perubahan hasilnya. Efek dari air rebusan daun sirsak ini yaitu perut akan terasa hangat/panas, lalu badan berkeringat terus menerus, bahkan ada pula keluhan terasa ingin mual. Tapi tidak usah khawatir, ini hanya Anda belum terbiasa. Apabila dilakukan secara rutin, Anda akan terbiasa. Jika Anda merasa tidak yakin, Anda dapat mengkonsultasikan kepada dokter Anda.
Sumber Informasi

Manfaat Daun Sirsak Untuk Pengobatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuli Kurniawan

0 komentar:

Post a Comment